Le Monde de Midi

Vouloir c'est Pouvoir


Aku dilahirkan di sebuah kota kecil di Propinsi Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Purworejo pada 24 Desember 1994. Aku diberi nama Ajeng Lestari Midi Setyoputri oleh orang tuaku. Kau dapat memanggilku Ajeng. Aku beralamatkan di Desa Brunorejo RT 02 RW 04 Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.
Awal pendidikanku bermula dari sebuah sekolah dasar di dekat tempat tinggalku, tepatnya di SD Negeri 02 Bruno. Di sekolah dasar ini prestasiku juga bermula. Aku selalu mendapat peringkat pertama, mulai dari kelas satu sampai dengan kelas enam. Bahkan untuk peringkat ujian nasional pun demikian. Setelah menamatkan sekolah dasar, aku melanjutkan ke SMP Negeri 21 Purworejo. Di SMP ini pun prestasi atas peringkat satuku masih tetap dapat dipertahankan. Di  SMP ini pula aku mulai mengenal kehidupan berorganisasi seperti OSIS dan kepramukaan. Aku turut serta dalam kedua organisasi tersebut, di OSIS aku terpilih menjadi ketua, sementara di kepramukaan aku hanya menjadi anggota. Setelah menamatkan SMP, aku melanjutkan sekolah ke SMA Negeri 7 Purworejo. Ketika bersekolah di sekolah tersebut, aku mulai belajar hidup mandiri karena harus hidup terpisah dengan orang tua atau dengan kata lain kos. Hanya seminggu sekali aku pulang ke rumah.
Di SMA ini, prestasiku sempat menurun saat berada di kelas satu. Saat penerimaan rapor, hanya peringkat tiga yang kudapatkan. Mungkin karena kehidupan di SMA sangat berbeda jauh dengan kehidupan di SMP sehingga membuatku masih merasa sulit untuk beradaptasi dan akhirnya membuat prestasiku sempat menurun. Namun itu tidak bertahan lama, karena di kelas dua, prestasiku kembali lagi seperti semula. Aku masuk di jurusan Bahasa saat itu. Aku memilih jurusan Bahasa karena di kelas ini aku akan dapat mempelajari lebih banyak bahasa asing, selain itu juga dapat mengetahui banyak kebudayaan yang terdapat di Indonesia maupun di negara luar. Aku memang senang mempelajari bahasa asing dan kebudayaan, jadi aku memutuskan untuk masuk jurusan Bahasa ini. Awalnya, sebelum aku masuk jurusan ini, banyak teman-temanku yang mengejek karena menurut mereka di jurusan bahasa akan sulit mendapatkan perguruan tinggi untuk melanjutkan sekolah. Namun aku tak pernah memedulikan kata-kata mereka. Aku tetap teguh pada prinsipku untuk tetap masuk jurusan Bahasa, dan sekarang aku dapat membuktikannya. Aku dapat berprestasi melalui jurusan Bahasa.
Penghujung kelas tiga pun sudah akan tiba. Ujian Nasional sudah berada di depan mata. Namun, sebelum ujian dilaksanakan, ada sebuah seleksi masuk perguruan tinggi yang dinamakan SNMPTN Undangan. Alhamdulillah, setelah mengecek beberapa syaratnya aku dapat mengikuti seleksi ini. Pendaftaran dan pengisian tujuan universitas dan jurusan pun dilakukan. Sebelum pemilihan jurusan ini, aku berdiskusi terlebih dahulu dengan kedua orang tuaku. Sempat terjadi perdebatan dalam pemilihan universitas dengan ibuku. Aku ingin melanjutkan ke universitas yang sudah aku impikan semenjak duduk di bangku kelas enam sekolah dasar, Universitas Indonesia. Sementara ibuku ingin aku melanjutkan di sebuah universitas di Yogyakarta. Alasan ibuku memilih universitas tersebut hanya sepele, agar tidak terlalu jauh dari rumah dan agar aku bisa lebih sering untuk pulang ke rumah. Namun aku tetap bersikukuh dengan pilihanku itu. Setelah melalui perundingan yang cukup lama dan meminta pendapat dari banyak pihak, akhirnya aku diijinkan untuk memilih Universitas Indonesia sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikanku.
Saat pendaftaran SNMPTN tersebut aku mendaftarkan diri pada dua universitas, yaitu Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan Satra Perancis dan Sastra Rusia, sementara universitas lainnya aku memilih salah satu universitas di kota Solo.
Setelah proses penantian yang cukup lama, akhirnya pengumuman SNMPTN pun keluar. Sebelumnya aku tidak tahu kalau pengumumannya ternyata dimajukan satu hari. Temanku lah yang memberitahuku dan dia juga yang mengecek pengumumanku terlebih dahulu, dia mengatakan jika aku diterima di Universitas Indonesia jurusan Sastra Perancis. Aku belum percaya sepenuhnya sehingga aku meminta bantuan temanku yang lain untuk mengeceknya lagi. Mereka juga bilang hal yang sama. Akhirnya, karena rasa tidak percayaku, aku membuka sendiri pengumuman itu. Dan Alhamdulillah memang benar aku diterima di Sastra Perancis Universitas Indonesia. Ucapan syukur tak henti-hentinya keluar dari mulutku dan kedua orang tuaku. Hari itu menjadi hari yang paling tak terlupakan, karena selain mengetahui pengumuman bahwa aku diterima di UI, di hari itu pula aku diwisuda oleh sekolah dan mendapat penghargaan sebagai peraih peringkat pertama pada nilai UAN dan nilai sekolah dari jurusan Bahasa. Aku telah mengukir berbagai prestasi dalam hidupku, tepat di hari itu, 26 Mei 2012.
Setelah mengetahui bahwa aku diterima, aku langsung mencari berbagai informasi untuk persyaratan daftar ulang. Aku mencari informasi dari teman-temanku dari Purworejo yang juga diterima di UI dan kakak kelas yang sudah kuliah di sana. Setelah berbagai persyaratan untuk daftar ulang yang cukup rumit terpenuhi, aku dan teman-temanku dari Purworejo berangkat bersama-sama ke Depok untuk melaksanakan daftar ulang di Universitas Indonesia. Di sana kami semua tinggal di kos maupun di kontrakan kakak kelas kami yang ada di sana. Kebetulan mahasiswa Purworejo yang ada di UI mempunyai sebuah paguyuban yang bernama KOMPOR (Komunitas Mahasiswa Purworejo) dan itu sangat membantu bagi kami sebagai mahasiswa baru untuk mendapatkan informasi dari UI.
Setelah proses daftar ulang selesai, kami segera kembali ke Purworejo untuk mempersiapkan berbagai hal untuk mengikuti pelaksanaan kegiatan mahasiswa baru (KAMABA) yang akan segera dilaksanakan.
Betul-betul sebuah perjuangan untukku agar bisa masuk ke kampus perjuangan ini. Mulai dari aku hanya bermimpi untuk masuk universitas ini, hingga aku sekarang benar-benar diterima di sini. Di sebuah kampus yang dikenal dengan sebutan Kampus Perjuangan, Universitas Indonesia. Dan tentu saja perjuanganku belum berakhir sampai di sini. Masih ada banyak perjuangan agar aku dapat lulus dari universitas ini, juga perjuangan untuk menghadapi dan mengatasi kesulitan hidup hingga akhirnya dapat mencapai kesuksesan yang aku inginkan.


2 komentar:

Smoga..ra lali..karo bpk ibu mu ,adik2mu .sinau ,blajar. Raih citamu,nek cnta kalo ws rampung, .....bravo ajeng .smangad..!!

Sip sip, matur nuwun :)

Post a Comment

About this blog

Total Pageviews

Powered by Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Followers

Let's Talk

Quelle heure est-il?

Most Viewed

Labels